persiapan masuk kuliah

11 Langkah Persiapan Sebelum Masuk Kuliah Perguruan Tinggi

0 Comments

SMA adalah waktu yang tepat untuk belajar, mengeksplorasi, mengembangkan, dan bermimpi. Ketika Anda memulai tahun pertama Anda, Anda mungkin tidak tahu di mana Anda ingin kuliah atau apa yang ingin Anda pelajari. Tetapi ada hal-hal yang dapat Anda lakukan yang akan membuat Anda siap untuk memilih, melamar, dan diterima di perguruan tinggi yang hebat. Anda harus siap menghadapi tantangan yang akan Anda hadapi begitu Anda tiba dan memulai pendidikan perguruan tinggi Anda. Berikut ini adalah langkah persiapan sebelum masuk kuliah perguruan tinggi.

1. Mulai Rencanakan Kuliah Sekarang!

Langkah pertama untuk persiapan sebelum masuk kuliah perguruan tinggi dengan mulai merencakanan kuliah Anda. Jika Anda seorang siswa sekolah menengah, atau akan segera menjadi siswa sekolah menengah, sekaranglah saatnya untuk mulai mempersiapkan pendidikan pasca sekolah menengah Anda. Perguruan tinggi mungkin tampak seperti jauh, tetapi dalam beberapa hal, itu akan ada di sini sebelum Anda menyadarinya! Mempersiapkan pendidikan perguruan tinggi membutuhkan waktu, usaha, dan dedikasi.

Kapan saya harus mulai mempersiapkan diri untuk kuliah?

Sekolah menengah menyediakan banyak peluang, tetapi terserah Anda untuk memanfaatkannya. Anda dapat memanfaatkan tahun-tahun sekolah menengah Anda sebaik-baiknya dengan berpikir ke depan dan belajar bagaimana mempersiapkan masa depan. Ambil langkah pertama dan putuskan bahwa Anda akan memanfaatkan tahun-tahun mendatang dengan sebaik-baiknya, mengetahui ketekunan Anda akan terbayar nanti!

2. Ambil Kelas SMA yang Tepat untuk Persiapan Masuk Perguruan Tinggi

Langkah pertama untuk persiapan sebelum masuk kuliah perguruan tinggi dengan mulai merencakanan kuliah yang kedua adalah ambil kelas yang tepat untuk masuk kuliah. Rencanakan untuk bekerja keras di sekolah menengah. Mengambil kelas paling menantang yang tersedia (kelas AP, IB, Pendaftaran Ganda, dan Kehormatan) akan menguntungkan Anda dalam berbagai cara. Selain mempelajari materi pelajaran, seperti Aljabar, Kimia, atau bahasa asing, kelas persiapan perguruan tinggi juga akan mengembangkan keterampilan Anda dalam mencatat, belajar, menulis, mengerjakan ujian, manajemen waktu, berpikir kritis, dan banyak lagi. Keterampilan-keterampilan penting ini akan mempersiapkan Anda menghadapi kerasnya kelas-kelas di perguruan tinggi.

Bagaimana saya mempersiapkan diri untuk kuliah secara akademis?

Banyak sekolah menengah atas menawarkan kelas Penempatan Lanjutan (AP), dan beberapa menawarkan kursus International Baccalaureate (IB) atau peluang Pendaftaran Ganda, yang memiliki manfaat tambahan yaitu memungkinkan Anda memperoleh kredit perguruan tinggi. Kredit ganda untuk kursus IB dan AP didasarkan pada pengambilan tes Tingkat Tinggi IB atau ujian AP yang sesuai di akhir kursus. Skor yang diperlukan untuk mendapatkan kredit ganda akan bervariasi dari perguruan tinggi ke perguruan tinggi. Bergantung pada skor Anda dan jurusan yang Anda tuju, kredit perguruan tinggi yang diberikan dapat memungkinkan Anda untuk mengabaikan kelas, mulai di tingkat kursus berikutnya, atau memenuhi kredit pilihan.

Beberapa sekolah menengah akan menambahkan “bobot” ke Grade Point Average (IPK) Anda untuk kelas lanjutan seperti AP atau Honours, jadi mengikuti kelas ini dapat meningkatkan IPK Anda. Keuntungan lain untuk mengambil kursus tingkat AP, IB, Pendaftaran Ganda, atau Kehormatan adalah bahwa kelas tersebut terdaftar seperti itu di transkrip sekolah menengah Anda dan perguruan tinggi akan tahu bahwa Anda memilih untuk menantang diri sendiri secara akademis. Motivasi ini menunjukkan kepada dewan perguruan tinggi bahwa Anda lebih siap untuk kelas perguruan tinggi.

Satu kata peringatan: Kelas seperti ini sulit. Kenali dirimu! Jangan mengambil kelas jika Anda tidak siap untuk melakukannya dengan cukup baik dengan kerja keras dan usaha. Sangat penting untuk mengambil kelas Pendaftaran Ganda dengan serius, karena kredit perguruan tinggi dan nilai bagus ini akan menjadi bagian dari transkrip perguruan tinggi Anda.

Pilihan kelasnya banyak banget. Bagaimana saya memilih di antara mereka?

Kembangkan minat akademik Anda. Terutama selama tahun-tahun sekolah menengah pertama dan atas, Anda sering dapat memilih kursus yang akan mempersiapkan Anda untuk program gelar perguruan tinggi pilihan Anda. Misalnya, jika Anda mempertimbangkan sekolah perawat, akan sangat membantu (atau bahkan diperlukan untuk penerimaan) untuk mengambil kelas seperti Anatomi, Fisiologi atau Statistik di sekolah menengah.

Berpikir tentang gelar teknik? Muat pada kursus matematika dan sains. Anda tidak harus tahu persis jurusan apa yang akan Anda pilih, tetapi mengambil kelas di bidang minat akademik utama Anda akan mempersiapkan Anda untuk membangun pengetahuan itu di perguruan tinggi.

3. Terlibat dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

Langkah pertama untuk persiapan sebelum masuk kuliah perguruan tinggi dengan mulai merencakanan kuliah ketiga adalah mengikuti ekstrakurikuler. Keterlibatan dalam kegiatan di luar tugas sekolah membuat SMA jauh lebih menarik dan menyenangkan. Kegiatan ekstrakurikuler ini juga memberikan kesempatan untuk memperoleh kemahiran yang tidak dapat Anda pelajari melalui buku teks dan tes saja. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, Anda dapat mengembangkan keterampilan penting, seperti kerja tim, berbicara di depan umum, kreativitas, kepemimpinan, dan kesadaran diri.

Daftar Sekolah Chis Cyber School
Daftar Sekolah Chis Cyber School

Kegiatan ekstrakurikuler apa yang harus saya lakukan di sekolah menengah?

Langkah pertama adalah menjelajah. Saat Anda mulai sekolah menengah, Anda akan menemukan banyak peluang baru—olahraga, teater, musik, seni, debat, dan ilmu komputer, hanya untuk beberapa nama. Meskipun Anda tidak dapat melakukan semuanya, cobalah untuk terlibat dalam sebanyak mungkin klub, tim, dan kegiatan yang menurut Anda menarik. Tidak ada daftar aktivitas satu ukuran untuk semua yang diperlukan—yang penting adalah Anda menemukan klub dan program yang menarik bagi Anda!

Anda tidak akan tahu apakah Anda menyukai sesuatu jika Anda tidak mencobanya. Awasi klub yang secara khusus dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk jurusan perguruan tinggi tertentu. Misalnya, jika Anda merasa tertarik untuk mendapatkan gelar bisnis, cari tahu apakah sekolah menengah Anda memiliki cabang DECA atau asosiasi serupa. Jika Anda ingin berkarir di bidang politik, periksa apakah sekolah menengah Anda memiliki organisasi Muda Demokrat atau Republik Muda.

Meskipun Anda ingin terlihat “berpengetahuan luas”, penting bagi Anda untuk tidak mengambil terlalu banyak. Beri diri Anda cukup waktu untuk unggul dalam aktivitas yang paling Anda minati. Akan sangat membantu jika melihat tahun pertama sebagai waktu untuk mencoba banyak hal. Di tahun kedua Anda, Anda dapat mulai membatasi keterlibatan Anda pada aktivitas terpenting Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang lebih sedikit.

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan penting ini: Apa yang paling penting bagi Anda? Bagaimana Anda bisa mengembangkan area itu menjadi gairah sejati? Bagaimana Anda bisa membawa keterlibatan Anda ke tingkat berikutnya? Bagaimana Anda menjadi ahli, pemimpin, atau mengembangkan kesadaran masyarakat di bidang itu? Inilah yang membuat Anda unik dan memungkinkan Anda untuk bersinar dalam aplikasi perguruan tinggi atau memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa. Mengembangkan minat menjadi gairah juga dapat mengarahkan Anda ke bidang studi dan pilihan karir.

4. Buat Catatan Ekstrakurikuler

Langkah pertama untuk persiapan sebelum masuk kuliah perguruan tinggi dengan mulai merencakanan kuliah keempat adalah membuat catatan ekstrakurikuler. Catat kegiatan ekstrakurikuler Anda. Anda dapat ditanya tentang mereka dalam beberapa cara berbeda pada aplikasi perguruan tinggi. Sekolah menengah Anda akan melacak kelas, nilai, dan kredit Anda. Terserah Anda untuk melacak segala sesuatu yang lain.

Untuk mempersiapkan aplikasi perguruan tinggi, buat dokumen yang mencatat keterlibatan Anda dalam olahraga, klub, pekerjaan sukarela, layanan masyarakat, dan pekerjaan paruh waktu, dll. dan simpan di satu tempat. Mulailah dengan musim panas setelah kelas delapan (Anda adalah seorang siswa sekolah menengah pada saat itu) dan berlanjut hingga tahun senior Anda. Catat waktu yang Anda habiskan untuk setiap aktivitas dan cari tren yang menyoroti keterlibatan Anda dalam aktivitas yang bermakna. Jangan lupa untuk mendokumentasikan semua penghargaan, penghargaan, dan posisi kepemimpinan. Daftar ini akan sangat membantu tidak hanya saat Anda mendaftar ke perguruan tinggi, tetapi juga untuk aplikasi beasiswa atau membuat resume. Jika Anda menunggu sampai tahun senior Anda, sangat sulit untuk mengingat semua yang telah Anda capai. Seperti pepatah Cina mengatakan, “Ingatan Anda hanya sebaik kertas yang Anda tulis.”

BACA JUGA : Bagaimana Cara Kerja Sekolah Online yang Perlu di Ketahui

5. Kenali Konselor Bimbingan SMA Anda

Langkah pertama untuk persiapan sebelum masuk kuliah peruguran tinggi dengan mulai merencakanan kuliah kelima adalah mengenali konselor bimbingan SMA Anda. Anda mungkin memiliki konselor bimbingan sekolah menengah yang ditugaskan untuk Anda. Buat janji dengannya! Anda tidak perlu menunggu sampai mereka menghubungi Anda. Penting untuk terhubung dengan konselor bimbingan Anda secara teratur, dimulai dengan tahun pertama Anda.

Siapa yang dapat membantu saya mempersiapkan diri untuk kuliah?

Konselor bimbingan Anda mengetahui penawaran dan peluang sekolah Anda, termasuk kunjungan dari konselor penerimaan perguruan tinggi, pameran perguruan tinggi, kelas persiapan ujian, beasiswa, dan banyak lagi. Konselor bimbingan Anda juga merupakan sumber yang bagus untuk dukungan sosial dan emosional serta karir dan kesiapan perguruan tinggi.

Sayangnya, sebagian besar konselor bimbingan sangat sibuk dan terlalu banyak bekerja. Buat pekerjaan mereka semudah mungkin. Datanglah ke janji temu Anda dengan pertanyaan yang sudah siap dan jangan berharap untuk mengambil terlalu banyak waktu di setiap janji temu. Terima kasih konselor bimbingan Anda untuk informasi, bantuan, dan saran. Ingatlah bahwa Anda mungkin memerlukan surat rekomendasi dari konselor bimbingan Anda. Untuk menulis surat yang baik, konselor bimbingan Anda perlu mengetahui karakteristik terbaik Anda dan apa yang menonjol dari Anda.

Akan sangat membantu jika Anda memikirkan konselor bimbingan Anda seperti halnya Anda memikirkan dokter Anda. Mereka sibuk, mereka peduli padamu, mereka tahu banyak, dan mereka memberimu nasihat. Penting untuk mengikuti saran mereka meskipun jika ragu, selalu baik untuk mendapatkan pendapat kedua.

6. Bangun Hubungan dengan Mentor

Langkah pertama untuk persiapan sebelum masuk kuliah perguruan tinggi dengan mulai merencakanan kuliah ke enam adalah membangun hubungan dengan mentor. Pelatih, guru, pemberi kerja, dan pemuka agama adalah calon mentor yang dapat memberikan dukungan yang berharga. Carilah orang-orang yang membuat Anda berkata, “Saya ingin menjadi seperti itu ketika saya dewasa!” atau “Saya ingin melakukan pekerjaan itu ketika saya lulus.” Kenali mereka dan cari tahu tentang kehidupan mereka. Belajar dari kesalahan dan kesuksesan mereka. Bagikan impian dan kekhawatiran Anda dengan mereka dan mintalah saran tentang memilih perguruan tinggi dan karier.

Mentor dapat membuka peluang bagi Anda, dan dapat membantu Anda mengidentifikasi kekuatan (dan kelemahan!). Seorang mentor akan menyarankan cara untuk meningkatkan dan memberikan kebijaksanaan ketika membuat keputusan. Anda juga dapat meminta mentor Anda untuk menulis surat rekomendasi. Membangun hubungan dengan mentor adalah keterampilan yang akan Anda kembangkan sepanjang hidup Anda. Mulai sekarang. Dan semoga, Anda bisa menjadi mentor bagi orang lain suatu hari nanti!

7. Kerjakan Kecakapan Hidup Kesiapan Perguruan Tinggi

Bagaimana saya bisa bersiap-siap untuk kehidupan kampus?

Langkah pertama untuk persiapan sebelum masuk kuliah perguruan tinggi dengan mulai merencakanan kuliah Anda ketujuh adlaah mengerjakan kecapakan hidup untuk persiapan kuliah. Buatlah daftar kecakapan hidup yang ingin Anda pelajari, lalu terus tambahkan ke dalamnya. Pikirkan cara terbaik bagi Anda untuk mempelajari setiap keterampilan. Bisakah ayahmu mengajarimu memasak makanan favoritmu? Bisakah tetangga Anda mengajari Anda cara memeriksa oli atau mengganti ban? Bisakah ibumu mengajarimu dasar-dasar mencuci pakaian? Dapatkah guru atau mentor Anda membantu Anda menetapkan tujuan jangka pendek dan membuat rencana untuk mencapainya? Bagaimana dengan belanja bahan makanan, pengelolaan uang, dan keamanan pribadi? Beberapa hal yang dapat Anda pelajari sendiri, seperti mengingat untuk menyetel jam alarm agar Anda bangun tepat waktu. Banyak keterampilan yang dapat Anda pelajari dengan menonton tutorial online. Bergantung pada jumlah keterampilan hidup yang ingin Anda pelajari, buatlah rencana dan tetapkan tujuan seperti belajar dan mempraktikkan satu keterampilan baru setiap bulan.

8. Kunjungan Perguruan Tinggi – Jadwalkan Tur Kampus Perguruan Tinggi

Langkah pertama untuk persiapan sebelum masuk kuliah perguruan tinggi dengan mulai merencakanan kuliah Anda kedelapan adalah mengunjungi kampus Anda. Cobalah untuk mengunjungi kampus perguruan tinggi sebanyak mungkin sedini mungkin selama tahun-tahun sekolah menengah Anda. Jangan menunggu untuk melakukan setiap kunjungan selama tahun senior Anda. Meskipun yang terbaik adalah mengunjungi selama tahun ajaran ketika kehidupan kampus aktif, kunjungan di musim panas lebih baik daripada tidak mengunjungi sama sekali, dan kunjungan kampus dapat dengan mudah ditambahkan ke sebagian besar perjalanan liburan musim panas. Kunjungan kampus dapat berkisar dari beberapa jam hingga satu hari penuh, tetapi biasanya direncanakan untuk menghabiskan sore hari.

Bagaimana Anda mendapatkan hasil maksimal dari kunjungan kuliah?

Untuk memaksimalkan kunjungan Anda, luangkan sedikit waktu untuk persiapan.

Anda juga dapat membuat janji dengan Kantor Bantuan Keuangan. Ini adalah kesempatan bagus untuk bertanya tentang beasiswa dan belajar bagaimana mengajukan permohonan bantuan keuangan. Anda mungkin ingin mempelajari lebih lanjut tentang gelar atau program tertentu. Misalnya, jika Anda ingin menjadi guru, akan sangat membantu jika bertemu dengan seseorang di departemen itu dan mungkin duduk di kelas pendidikan. Ingatlah bahwa meskipun tur kampus adalah cara yang bagus untuk mendapatkan banyak informasi, pastikan untuk berjalan-jalan di sekitar kampus sendiri juga. Untuk merasakan sekolah yang sebenarnya, luangkan waktu untuk berbicara dengan mahasiswa dan menjelajah, menggunakan peta kampus sebagai panduan Anda.

BACA JUGA : Manfaat Sekolah Online untuk Anak, Kelebihan, Tips Kelas Online

9. Ujian Masuk Perguruan Tinggi – Buatlah Rencana

Jangan salah, perguruan tinggi dan universitas menganggap ujian masuk perguruan tinggi menjadi salah satu tolok ukur mahasiswa baru yang paling penting. Biasakan diri Anda dengan ujian masuk perguruan tinggi standar dan apa yang diwajibkan atau direkomendasikan oleh perguruan tinggi yang Anda minati. Beberapa perguruan tinggi juga merekomendasikan atau mengharuskan bagian penulisan opsional dari ujian. Anda perlu memutuskan tes mana yang akan Anda ambil, dan beberapa siswa mengambil kedua tes standar. Yang terbaik adalah mengikuti ujian masuk perguruan tinggi selama tahun pertama Anda, meskipun beberapa siswa sekolah menengah atas yang termotivasi akan mengikuti ujian hanya untuk melihat bagaimana mereka melakukannya dan sebagai bagian dari persiapan mereka.

Pendaftaran Sekolah Chis
Pendaftaran Sekolah Chis

10. Buat Sistem Organisasi

Bagaimana agar tetap terorganisir meneliti perguruan tinggi?

Segera setelah Anda mulai bertemu dengan perwakilan perguruan tinggi dan mengunjungi perguruan tinggi, Anda akan mengumpulkan informasi penting yang Anda perlukan untuk tetap teratur. Jika Anda tidak dapat mengunjungi kampus secara langsung, Anda dapat belajar banyak dengan “mengunjungi” sebuah perguruan tinggi secara online dan meninjau website mereka. Website juga dapat digunakan untuk mempelajari berbagai perguruan tinggi dan universitas. Buat dokumen tempat Anda dapat merekam informasi penting, sehingga Anda tidak lupa. Jika Anda mengetahui tentang sekolah yang menawarkan jurusan tertentu, tulislah. Jika Anda mendengar tentang program Studi di Luar Negeri yang terdengar luar biasa, tambahkan ini ke catatan Anda. Jika Anda memiliki tur kampus yang hebat, pastikan untuk mencatat pengalaman Anda. Catat segala sesuatu yang menggairahkan Anda dan penting bagi Anda sehingga Anda tidak lupa. Sertakan catatan tentang beasiswa, program magang, profesor, program penelitian, peluang luar ruang, klub kampus, dan banyak lagi.

Saat Anda bergerak menuju tahun senior Anda, Anda akan mempersempit daftar perguruan tinggi yang menurut Anda paling cocok untuk Anda. Semua informasi yang telah Anda kumpulkan—juga semua penemuan diri yang Anda peroleh selama sekolah menengah—akan membantu Anda membuat keputusan terbaik.

11. Mendaftar untuk Penerimaan Perguruan Tinggi, Bantuan Keuangan dan Beasiswa

Setelah Anda membuat daftar perguruan tinggi favorit Anda, buat dokumen baru (atau atur ulang dokumen yang Anda gunakan untuk mencatat informasi perguruan tinggi yang penting) untuk membantu Anda selama proses pendaftaran dan penerimaan. Catat semua tenggat waktu aplikasi, pedoman, dan persyaratan lainnya. Jika Anda meminta surat rekomendasi dari guru dan mentor, buat pengingat untuk menindaklanjuti dan mengonfirmasi bahwa perguruan tinggi telah menerimanya.

Rencanakan waktu ke dalam jadwal Anda selama awal tahun senior Anda sehingga Anda dapat dengan benar fokus pada aplikasi perguruan tinggi Anda, serta mengejar bantuan keuangan dan beasiswa. Ingatlah bahwa bantuan keuangan dapat mencakup tidak hanya beasiswa dan hibah (uang yang tidak harus Anda bayar) tetapi juga pinjaman (yang memang harus Anda bayar). Jika Anda membutuhkan pekerjaan paruh waktu, Anda dapat menelusuri pekerjaan universitas untuk menemukan banyak peluang. Penelitian penting ini akan membantu Anda mengembangkan rencana untuk membayar biaya kuliah.

Kesiapan Kuliah

Tahun-tahun sekolah menengah memberikan banyak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kedewasaan yang dibutuhkan untuk sukses di perguruan tinggi. Ambil kursus yang menantang yang memungkinkan Anda untuk memperluas fokus akademis Anda dan membangun tujuan pendidikan masa depan Anda. Terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler, temukan gairah hidup Anda dan kejar impian Anda.

Apa itu Kesiapan Perguruan Tinggi?

Kesiapan kuliah mencakup semua aspek persiapan akademik Anda, termasuk keterampilan dasar mencatat, membaca teks, belajar untuk ujian, dan menulis esai dan makalah penelitian. Ini melibatkan pengembangan keterampilan hidup, seperti manajemen waktu, penetapan tujuan, dan pengelolaan uang. Selain itu, kesiapan kuliah membutuhkan tingkat kedewasaan yang akan memungkinkan Anda untuk berhasil menavigasi kelimpahan kebebasan, tanggung jawab, dan peluang yang diberikan kehidupan kampus. Bagian dari itu adalah mengenal diri sendiri, kekuatan dan kelemahan Anda dan mengambil inisiatif untuk mengerjakan area yang perlu Anda kembangkan. Ini adalah saat yang menyenangkan saat Anda tumbuh dalam pemahaman tentang nilai-nilai inti dan minat utama Anda. Kemampuan Anda untuk membangun hubungan yang sehat akan memungkinkan Anda untuk tumbuh, berkolaborasi, dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.

Siap untuk kuliah?

Lakukan segala upaya untuk bertemu dan belajar dari pembimbing, mentor, dan panutan Anda lainnya dalam hidup Anda. Izinkan model peran tepercaya dan berpengaruh ini membantu Anda mengembangkan kekuatan dan menemukan cara kreatif untuk mengatasi kelemahan Anda. Tetap teratur dan buat catatan saat Anda meneliti perguruan tinggi dan mendaftar untuk penerimaan. Setelah Anda masuk ke perguruan tinggi, Anda akan terus tumbuh, belajar, dan maju dalam semua tujuan akademis Anda. Waktu yang Anda habiskan untuk persiapan kuliah dan pekerjaan yang Anda lakukan sekarang akan meletakkan dasar bagi kesuksesan akademis dan pembelajaran seumur hidup.

Leave a Comment

Your email address will not be published.